13 Ciri Awal Kehamilan yang Harus Anda Tahu

13 Ciri Awal Kehamilan yang Harus Anda Tahu

Ciri Awal Kehamilan - Kehamilan memang menjadi suatu hal yang paling diinginkan oleh banyak orang. Tidak terkecuali oleh pasangan yang baru menikah. Karena memiliki seorang anak adalah anugrah yang diberikan oleh tuhan kepadanya. Sehingga alangkah baiknya untuk selalu menjaga agar tidak membuat anak tersebut mengalami hal yang tidak diinginkan.

Namun, perlu diketahui pula bahwa awal kehamilan pasti memiliki suatu kejadian atau perisitiwa yang dialami oleh tubuh ibunya. Hal tersebut menjadi salah satu ciri awal kehamilan karena perut tidak langsung membesar dengan cepat. Oleh karena itu, terdapat ciri yang menunjukkan suatu peristiwa di awal kehamilan yang ibu. Sehingga terdapat beberapa ciri awal kehamilan yang sering di alami oleh ibu.



Inilah Ciri Awal Kehamilan

Memang kita sering menjumpai kalau wanita hamil itu tidak mengalami haid namun masih banyak sekali kejadian atau peristiwa yang menjadi ciri dari kehamilan ibu. Oleh karena itu penting sekali untuk mengetahui ciri yang di alami oleh ibu ketika mengalami kehamilan. Melihat banyak sekali orang atau ibu muda yang pertama kali merasakan kehamilan belum paham terkait ciri atau tanda kalau ia mengalami hamil muda. Sehingga perlu sekali untuk mengulas terkait awal dari kehamilan yang sering di tandai pada beberapa bagian tubuh.

Setidaknya berikut adalah beberapa ciri awal kehamilan yang harus Anda ketahui:  
 

1. Kram dan flek

Salah satu hal yang menjadi ciri awal kehamilan adalah tubuh ibu akan sering mengalami kram di bagian kaki. Hal tersebut tidak terjadi sebelumnya dan kram ini memang terjadi secara terus menerus membuat setiap gerakan tubuh yang memang tidak begitu aktif menjadikan tubuhnya merasakan kram. Selain itu juga terdapat flek pada bagian tubuhnya yang membuatnya merasakan hal tersebut.
 

2. Tidak mengalami haid

Salah satu hal yang memang menjadi pemicu untuk mengetahui bahwa sedang hamil adalah tidak mengalami haid pada bulan tersebut. Karena ketika ibu yang sering kali haid secara rutin pasti mengetahui bahwa ia tidak mengalami haid dan dapat di pastikan memiliki beberapa indikasi terhadap kehamilan.

3. Detak jantung meningkat

Ciri awal kehamilan yang selanjutnya adalah detak jantung si ibu yang meningkat seiring berjalannya waktu. Hal tersebut biasanya terjadi karena adanya janin di dalam kandungan yang mampu memperngaruhi si ibu.
 

4. Lebih sering mengalami buang air kecil

Selain itu terdapat tanda pula kalau si ibu tengah hamil muda yaitu dengan ciri ibu sering mengalami buang air kecil secara terus menerus yang mengakibatkan bahwa ibu merasa capek.
 

5. Mual dan muntah

Ciri awal kehamilan yang satu ini memang menjadi hal yang paling sering terjadi. Biasanya kalau sedang mengalami sakit memang sering mual, namun ketika tengah hamil muda menjadi hal biasa untuk mengalami mual dan muntah secara terus menerus.
 

6. Tekanan darah rendah dan pusing

Selain itu, juga para ibu akan merasakan tekanan darah yang rendah dan sering mengalami pusing hingga mmebuat tubuh menjadi lemah untuk bergerak.

Perubahan yang paling terlihat ketika awal kehamilan

Selain beberapa tanda pasti hamil di atas, masih terdapat beberapa ciri kehamilan yang dialami oleh sebagian ibu hamil. Ciri awal kehamilan yang akan diulas di bawah ini mulai dari perubahan fisik hingga perasaan ibu hamil. Di antaranya adalah sebagai berikut:
 

1. Suhu tubuh meningkat

Salah satu perubahan yang terjadi pada tubuh ibu hamil yaitu dengan perubahan suhu tubuh yang semakin meningkat. Mungkin hal tersebut di karenakan hormon yang ada pada anak yang di kandungnya.
 

2. Lebih sering mengalami lelah

Selain itu terdapat hal yang memang gampang terlihat ketika mengalami awal kehamilan adalah ibu sering mengalami kelelahan. Hal tersebut terkadang juga di karenakan kurangnya nutrisi yang di akibatkan sering mengalami mual dan muntah.
 

3. Perubahan payudara

Terdapat hal yang menjadi perubahan pada tubuh meskipun tidak disadari. Salah satunya adalah perubahan payudara yang semakin membesar dan bahkan bengkak. Hal tersebut karena hormon yang terdapat dalam kandungan mempengaruhi tubuh si ibu.
 

4. Perubahan mood

Selain itu juga terdapat perubahan mood yang gampang sekali berubah. Atau terkadang juga mengnginkan sesuatu yang harus segera di turuti.
 

5. Perut kembung atau sembelit

Terdapat juga hal yang menjadi tanda adalah dengan kondisi perut kembung atau sembelit.
 

6. Sensitif terhadap bau

Salah satu yang menjadi tanda adalah dengan perubahan yang terjadi pada saat mencium bau yang menyengat. Sehingga ibu sering kali merasa tidak nyaman ketika mencium bau yang sedikit menyengat.
 

7. Berat badan naik

Selain itu berat badan si ibu yang memang bertambah naik karena terdapat janin di kandungannya.

Demikian tadi adalah beberapa ciri awal kehamilan yang sering terjadi oleh ibu hamil. Oleh karena itu anda perlu sekali untuk memahami hal yang memang menjadi pemicu utama tubuh mengalami perubahan. Satu lagi, apabila Anda mengalami beberapa gejala di atas, maka disarankan untuk menghubungi dokter terdekat. Selain untuk memeriksakan kesehatan, Ibu juga dapat memastikan apakah gejala yang dialami merupakan tanda bahwa ia sedang mengandung atau tidak.

Semoga apa yang kami ulas pada kesempatan kali ini bermanfaat bagi Anda.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment