7 OBAT SAKIT PERUT MENCRET DARI BAHAN TRADISIONAL

7 OBAT SAKIT PERUT MENCRET DARI BAHAN TRADISIONAL

Ketika mengalami diare, Anda pasti akan mencari solusi untuk mengatasinya dengan obat sakit perut mencret yang efektif. Seperti yang kita tahu, diare merupakan kondisi ketika feses yang dihasilkan memiliki bentuk yang sangat encer. Ini adalah penyakit yang paling umum terjadi, khususnya pada anak-anak.

Biasanya diare terjadi karena terjadi peradangan yang dialami oleh usus dan juga lambung akibat virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Pada kondisi normal, penderita diare hanya akan merasakan sakit pada bagian perut terutama ketika ingin buang air besar.



Namun ada kondisi yang cukup berbahaya yakni ketika seseorang mengalami diare dan disertai dengan muntah-muntah. Pada kondisi tersebut, maka penderita harus segera dibawa ke dokter untuk segera menerima perawatan yang tepat.

Beberapa Jenis Obat Sakit Mencret yang Efektif dan Aman Digunakan

Berbicara tentang obat sakit mencret, di Indonesia sendiri ada banyak sekali obat yang dapat Anda gunakan untuk meredakannya, baik itu obat-obatan dari dokter ataupun obat tradisional. Untuk itulah, pada kesempatan kali ini akan diulas tentang jenis-jenis obat diare yang terbukti efektif untuk mengobati diare yang Anda alami. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Daun Jambu Biji

Bahan tradisional pertama yang paling sering digunakan untuk mengatasi diare adalah daun jambu biji. Untuk penggunaan jambu biji sebagai obat sakit perut mencret, Anda dapat langsung mengonsumsinya atau bahkan dengan cara meminum air rebusan jambu biji tersebut.

Bagi Anda yang tahan dengan rasa pahit dari jambu biji, tentu saja dapat langsung memakannya. Tambahkan sedikit garam pada daun jambu biji untuk mengurangi rasa pahit.

Sedangkan bagi Anda yang ingin meminum air rebusan daun jambu biji, cara yang dapat dilakukan adalah ambil 5 – 6 lembar daun jambu biji. Cuci hingga bersih dan rebus menggunakan 400 ml air matang. Tunggu hingga air menjadi sekitar 200 ml saja. Saring air tersebut dan minumlah sebanyak 2 kali sehari hingga masalah diare teratasi.

2. Larutan Oralit

Cara yang selanjutnya yakni dengan memanfaatkan larutan oralit. Oralit sendiri merupakan larutan garam dan gula yang juga digunakan turun temurun untuk mengatasi masalah diare. Larutan yang satu ini akan sangat berguna untuk membantu penderita sakit perut diare mengalami dehidrasi.

Hal ini karena prinsip dari penanganan diare sendiri adalah tentang bagaimana cara mengganti elektrolit serta cairan yang keluar dari tubuh sehingga penderita tidak mengalami dehidrasi. Untuk larutan oralit sendiri, Anda dapat mendapatkannya di apotek terdekat atau dengan membuatnya sendiri.

Cara membuat larutan oralit adalah dengan menyiapkan gula, garam, serta air matang. Langkah pertama, siapkan segelas air hangat atau sekitar 200 ml air. Selanjutnya, masukkan setengah sendok teh garam dan 2 sendok teh gula. Aduk hingga merata dan minumlah. Untuk obat sakit perut mencret yang satu ini, sebaiknya dikonsumsi dua kali sehari hingga terasa agak baikan.

3. Ramuan Kunyit dan Beras Ketan

Obat tradisional sebagai solusi diare selanjutnya adalah kunyit dan beras ketan. Ramuan yang satu ini juga terbukti ampuh dalam mengatasi diare yang Anda derita. Sebagai obat alami, tak ada efek samping apapun yang akan Anda rasakan ketika mengonsumsi kunyit dan beras ketan.

Adapun cara membuatnya adalah dengan menyiapkan sekitar 100 gram beras ketan dan 1 ruas jari kunyit. Setelah itu, sangrai kunyit dan beras ketan tanpa minyak. Terus sangrai hingga agak hangus. Selanjutnya, tumbuk dua bahan tradisional tersebut hingga benar-benar halus.

Masukkan hasil tumbukan kunyit dan beras ketan sekitar 1 sendok makan saja pada 200 ml air mendidih. Minumlah secara teratur sebanyak 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Yoghurt

Obat sakit perut mencret yang selanjutnya adalah yoghurt. Anda juga pasti tahu bahwa di dalam yoghurt terdapat banyak sekali bakteri baik yang akan membantu proses pencernaan. Inilah alasan mengapa yoghurt menjadi salah satu obat yang dapat mengatasi diare, baik untuk anak-anak ataupun orang dewasa.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda cukup membeli yoghurt yang dapat ditemukan di banyak toko. Minumlah yoghurt sebanyak 2 kali sehari agar bakteri baik yang terdapat di dalamnya mengatasi diare yang Anda derita.

5. Akar Jeruk Nipis

Bahan tradisional untuk mengatasi diare yang selanjutnya adalah akar jeruk nipis. Bahan yang satu ini memang lebih sulit didapatkan apabila dibandingkan dengan bahan-bahan lain yang sudah dijelaskan di atas. Hanya saja, khasiat dari akar jeruk nipis tak perlu diragukan sebagai bahan alami untuk mengatasi diare.
 
Adapun cara membuatnya adalah potong sekitar 3 akar jeruk nipis. Cuci bersih hingga tidak ada lagi kotoran yang menempel pada akar tersebut. Selanjutnya, siapkan 4 gelas air. Rebus akar tersebut hingga mendidih dan menyisakan sekitar 2 gelas air saja.

Langkah berikutnya, saringlah rebusan akar jeruk nipis dan minum ramuan ini sebanyak 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil terbaik dalam menyembuhkan diare.

6. Bubuk Kayu Manis

Obat sakit perut mencret yang terakhir adalah bubuk kayu manis. Seperti yang kita tahu, kayu manis sendiri menjadi salah satu bumbu dapur yang banyak digunakan untuk masakan. Bahan yang satu ini pun ternyata memiliki khasiat lain yakni meredakan peradangan yang terjadi pada usus dan menyembuhkan diare.

Untuk cara membuatnya, Anda dapat menyiapkan sekitar bubuk 1,5 gram bubuk kulit kayu manis. Setelah itu, seduh bubuk tersebut dengan air panas. Saring rebusan tersebut dan minum rebusan bubuk kayu manis secara rutin setidaknya 3 kali sehari hingga perut Anda benar-benar terasa agak baikan.

7. Teh Herbal

Bahan tradisional lain yang dapat Anda manfaatkan adalah teh herbal. Adapun jenis teh yang sangat direkomendasikan untuk mengatasi diare adalah teh chamomile dan teh peppermint. Teh yang satu ini memiliki khasiat untuk mengurangi kondisi kejang serta memberikan efek tenang pada usus.

Selain itu, teh herbal juga akan sangat membantu dalam mencegah munculnya radang pada usus. Dengan kata lain, obat tradisional yang satu ini sangat cocok digunakan untuk mengatasi diare yang Anda alami.

Mencegah Diare Lebih Baik Daripada Mengobatinya

Anda telah mengetahui beberapa obat sakit perut mencret seperti yang telah dijelaskan di atas. Maka kini saatnya mengetahui bagaimana langkah pencegahan agar Anda tidak terserang diare. Dengan mencegah diare, maka Anda tak perlu lagi takut akan mengalami gejala sakit perut yang satu ini.

Untuk langkah pencegahan, Anda harus memerhatikan makanan apa yang Anda konsumsi setiap hari. Pastikan bahwa asupan serat harian dari makanan konsumsi mencukupi. Selain itu, Anda juga harus mencukupi konsumsi vitamin C yang juga berfungsi untuk membantu proses pencernaan.

Langkah pencegahan lain yang harus Anda perhatikan adalah selalu menjaga kebersihan. Selalu cuci tangan hingga bersih menggunakan air dan sabun sebelum makan. Hal ini akan mencegah masuknya kuman ke dalam tubuh yang menjadi penyebab utama diare.
 
Setidaknya itulah beberapa obat sakit perut mencret dan langkah-langkah pencegahan yang dapat Anda lakukan. Semoga apa yang kami jelaskan pada kesempatan kali ini dapat memberikan manfaat bagi Anda semua.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment