8 OBAT TELAT DATANG BULAN DARI BAHAN ALAMI

8 OBAT TELAT DATANG BULAN DARI BAHAN ALAMI

Ketika mengalami telat menstruasi atau datang bulan, pasti tidak sedikit wanita yang khawatir dan mencari obat telat datang bulan yang tepat digunakan agar siklus menstruasi kembali seperti semula. Seperti yang kita tahu, datang bulan atau menstruasi atau haid merupakan hal yang akan dialami oleh semua wanita yang sudah balig hingga berusia sekitar 50 tahunan.

Pada normalnya, menstruasi akan berjalan rutin setidaknya selama 1 bulan sekali dengan jangka waktu menstruasi yang beragam mulai dari 2 hingga 7 hari bahkan lebih. Untuk siklus menstruasi sendiri umumnya adalah selama 28 hingga 35 hari.

Namun hal ini tentu tak akan berjalan mulus sesuai dengan keinginan karena ada banyak faktor yang menyebabkan siklus menstruasi tersebut terganggu. Beberapa contoh penyebab terganggunya siklus menstruasi adalah kehamilan, stress, penyakit, dan lain sebagainya.

Obat Telat Datang Bulan untuk Melancarkan Siklus Normal Menstruasi




Telat datang bulan tentu tak selalu identik dengan kehamilan, sehingga untuk Anda yang ingin mencari obat telat datang bulan, tak perlu ragu dan malu. Setidaknya terdapat beberapa obat alami untuk melancarkan siklus menstruasi yang dapat Anda coba konsumsi dan lakukan. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Konsumsi Jus Wortel

Seperti yang kita tahu bahwa wortel merupakan jenis sayuran yang terkenal akan khasiat dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Dalam wortel sendiri, terdapat kandungan vitamin A yang sangat tinggi, kalsium, vitamin C, dan juga iron. Kandungan nutrisi tersebut akan memberikan peran penting dalam melancarkan menstruasi karena mendukung agar hormon-hormon di dalam tubuh dapat bekerja seperti seharusnya.

Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin mengembalikan siklus menstruasi, Anda dapat mengonsumsi wortel baik secara langsung atau menjadikannya sebagai jus. Namun perlu diingat, jangan tambahkan gula atau bahan lain selain madu pada jus tersebut.

2. Konsumsi Daun Pepaya

Obat telat datang bulan yang selanjutnya adalah daun pepaya. Daun pepaya memang dikenal sebagai sayuran yang memiliki rasa sangat pahit. Meskipun demikian, daun pepaya memiliki beragam kandungan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Setidaknya terdapat vitamin yang lengkap pada daun pepaya seperti vitamin A, B, C, D, E, dan juga kalsium.

Apabila Anda ingin menggunakan daun pepaya sebagai obat alami mengatasi telat haid, Anda dapat meminum air rebusan daun pepaya atau bahkan memasaknya untuk dijadikan lalapan. Tak hanya berkhasiat melancarkan menstruasi, daun pepaya pun terbukti ampuh mengurangi rasa nyeri yang dialami selama menstruasi.

3. Air Kelapa Hijau

Obat telat datang bulan yang selanjutnya air kelapa hijau. Siapa yang meragukan khasiat dari air kelapa hijau? Anda semua pasti setuju bahwa bahan alami yang satu ini memiliki banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh untuk tubuh. Salah satu khasiat yang paling terkenal dari air kelapa adalah sebagai penawar racun dan untuk mengembalikan cairan tubuh serta memperkuat sistem metabolisme tubuh.

Khasiatnya sebagai penangkal racun tersebut dapat membantu Anda mendapatkan siklus haid secara lancar kembali. Hal ini sebagai obat apabila ternyata penyebab utama telatnya menstruasi yang Anda alami disebabkan oleh penyakit tertentu.

4. Kunyit

Tak hanya dikenal sebagai bumbu dapur saja, kunyit juga menjadi salah satu bahan utama dalam membuat jamu. Hal ini karena kunyit memiliki kandungan senyawa yang sangat berkhasiat untuk kesehatan yakni kurkumin. Fungsi dari senyawa kurkumin adalah untuk menambah nafsu makan, zat anti inflamasi, dan anti oksidan. Oleh karena itu, tak ada salahnya apabila Anda mulai mengonsumsi rebusan kunyit sebagai obat telat datang bulan.

5. Jahe

Dari sekian bahan masakan yang sering ditemui di dapur, jahe menjadi bahan alami yang juga memiliki aneka manfaat untuk kesehatan tubuh. Hal ini karena pada jahe sendiri terdapat kandungan vitamn A, vitamin B2, vitamin C, minyak atsiri, serat, karbohidrat, lemak, zat besi, kalsium, fosfor, sodium, dan niasin. Berbagai kandungan tersebutlah yang juga akan membantu Anda untuk mendapatkan siklus menstruasi normal.

Untuk itu, setidaknya dalam satu hari minumlah air jahe minimal sekali pada pagi hari. Terus lakukan hal ini hingga Anda mengalami menstruasi. Sebagai saran, dalam konsumsi jahe hangat, Anda dapat mencampurkannya dengan madu agar khasiatnya lebih terasa.

6. Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup yang tak sehat menjadi penyumbang terbesar dari tidak lancarnya siklus menstruasi. Hal ini karena gaya hidup sehat sangat identik dengan olahraga dan makanan yang dikonsumsi. Bagi Anda yang mengalami telat datang bulan, cobalah untuk berhenti merokok dan meminum alkohol, hindari kopi, jangan begadang, dan jauhi makanan yang tinggi kolesterol dan lemak.

Selain itu, akan lebih baik apabila Anda meluangkan waktu untuk berolahraga setiap hari meskipun hanya sebentar saja. Sebagai saran, dalam sehari Anda dapat berolahraga selama 5 hingga 10 menit saja. Apabila hal ini dilakukan dengan teratur, maka kondisi kesehatan Anda pun akan kembali.

7. Konsumsi Makanan Sehat

Tips selanjutnya adalah konsumsi makanan sehat dan bergizi. Ketika asupan vitamin dan gizi tubuh dapat terpenuhi, maka produksi hormon pun tak akan terganggu. Selain itu, sistem metabolisme tubuh juga akan berfungsi secara semestinya. Dengan begitu, maka siklus menstruasi Anda dapat kembali berjalan normal.

8. Perbanyak Istirahat

Salah satu cara untuk mengatasi telat menstruasi adalah memperbanyak waktu untuk istirahat. Hal ini karena telat menstruasi juga dapat dipengaruhi oleh tidak normalnya sistem metabolisme dalam tubuh.

Seperti yang kita tahu, tubuh membutuhkan banyak waktu untuk mereproduksi sel-sel baru guna memperbaiki sel yang telah rusak. Oleh karena itu, selama mengalami telat menstruasi, disarankan Anda memperbanyak waktu untuk istirahat.

Penyebab Telat Datang Bulan yang Harus Diperhatikan

Setelah mengetahui obat telat datang bulan, kini saatnya Anda mengetahui apa saja hal yang menyebabkan hal tersebut terjadi. Dengan begitu, Anda pun dapat menghindari kebiasaan buruk serta hal-hal lain yang memicu siklus menstruasi berjalan tidak normal. Adapun beberapa penyebab telat menstruasi adalah sebagai berikut:

Stress

Stress menjadi penyebab paling umum mengapa seorang wanita mengalami siklus menstruasi yang tidak lancar. Hal ini karena terlalu banyak pikiran akan membuat bagian otak yakni hypothalamus terkena dampaknya. Padahal hypothalamus merupakan bagian otak yang salah satu fungsinya adalah mengatur periode menstruasi.

Untuk itu, meskipun pekerjaan atau masalah yang Anda hadapi sangat banyak, jangan lupa untuk meluangkan waktu bersantai sejenak demi menghindari stress.

Penyakit

Penyebab lain yang membuat siklus menstruasi menjadi tidak lancar adalah karena seorang wanita terjangkit penyakit. Biasanya penyakit yang menyerang bagian kewanitaan akan membuat periode atau siklus menstruasi menjadi terganggu. Contoh penyakit berbahaya yang harus diwaspadai adalah tumor dan kanker serviks.

Penurunan Berat Badan Drastis

Terganggunya siklus menstruasi juga dapat dipengaruhi oleh penurunan berat badan secara drastis. Hal ini tentu akan dialami terutama oleh mereka yang menjalani program diet ketat. Untuk itu, meskipun Anda sedang menjalankan program diet, jangan lupa tetap memerhatikan asupan makanan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Itulah beberapa obat telat datang bulan dan penyebabnya. Bagi Anda yang mengalami telat datang bulan dalam jangka waktu yang lama, misalnya 2 bulan, namun tidak menunjukkan tanda-tanda kehamilan, tentu saja Anda harus memeriksakan kesehatan ke dokter. Hal ini agar Anda dapat memperoleh diagnosa tepat terkait kondisi serta penyebab terganggunya siklus menstruasi tersebut. Semoga bermanfaat.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment