9 Tanda Tanda Hamil Kembar pada Kehamilan

9 Tanda Tanda Hamil Kembar pada Kehamilan

Tanda Tanda Hamil Kembar - Banyak sekali yang akan dirasakan oleh seorang ibu yang sedang mengandung calon buah hati. Tentu pada saat itu pula pasti seorang ibu akan merasakan kecemasan yang lebih dengan kondisi kandungannya. Banyak juga beberapa tanda yang akan dialami oleh seorang ibu dalam masa proses mengandung atau menjadi seorang ibu hamil.



Tetapi disini anda juga perlu tau beberapa tanda tanda hamil kembar pada seorang ibu yang mengandung. Gejala seperti mual, pusing, dan lemas mungkin sudah menjadi gejala yang biasa dialami oleh ibu hamil. Tetapi ada beberapa sedikit perbedaan tanda tanda hamil kembar pada seorang ibu.

Ciri Ibu Hamil Kembar

1. Peningkatan Berat Badan

Menaiknya berat badan seorang ibu hamil pasti akan terjadi pada ibu hamil kembar atau ibu hamil tunggal. Tetapi disini anda harus tau perubahan siknifikan apabila bayi dalam kandungan anda ternyata kembar. Berat badan anda akan naik lebih banyak daripada ketika seorang ibu hamil dengan janin tunggal. Itu sudah sangat jelas karena ada satu kehidupan lagi yang berada pada perut seorang ibu hamil.

2. Mual Yang Berlebihan

Mual sudah menjadi hal yang lumrah dan sering terjadi pada ibu hamil. Tetapi, ada beberpa ibu yang pernah mengalami hamil dengan janin kembar merasakan mual yang sangat berlebihan. Meski demikian, tidak semua seorang ibu yang sedang hamil dengan janin kembar merasakan mual yang berlebihan.

3. Gerakan Janin Terasa Lebih Sering Terjadi

Banyak seorang ibu hamil kembar atau mereka yang sudah mempunyai anak kembar mengaku, bahwa pada seorang ibu hamil kembar akan merasakan gerakan janin yang lebih sering terjadi. Tetapi, dari hal yang dialami seorang ibu yang merasakan gerakan pada janin yang sedang dikandungnya, belum tentu hal itu menjadi patokan bahwa seorang yang sedang hamil tersebut sedang mengandung janin yang kembar. Meski demikian, masih banyak sekali seorang ibu hamil mempercaya dengan anggapan tersebut.

4. Meningkatnya Level HCG

Human chorionic gonadotropin atau HCG adalah sebuah hormon pada ibu hamil yang diproduksi oleh plasenta setelah implantasi terjadi. Ketika hormon HCG tersebut terjadi di tubuh ibu hamil, maka hal itu bisa menjadi tanda kehamilan kembar. Tetapi dalam hal ini sangat jarang sekali diketahui seorang ibu sebagi tanda tanda hamil kembar. Mungkin juga karna keterbatasan seorang ibu itu sendiri yang tidak mengetahui hormon tersebut.

5. Bentuk Perut Yang Sangat Besar

Pada ibu hamil biasanya untuk mengetahui usia kehamilan dan kematangan janin pada ibu hamil dengan mengukur besar dan panjang fundus perut ibu hamil. Ibu hamil yang mengandung janin kembar, rahim seorang ibu tersebut akan lebih meregang dan bisa dimungkinkan tinggi fundusnya akan lebih besar daripada usia kehamilan. Secara kasat mata pun apabila seorang ibu sedang mengandung janin kembar perut pasti akan terlihat sedikit besar dengan ibu yang hamil dengan janin tunggal.

6. Kelelahan Yang Ekstrim

Kehamilan sangat sering membuat seorang ibu hamil gampang merasa lelah. Namun tanda hamil kembar pada seorang ibu, rasa lelah disini lebih sering dari rasa lelah yang anda alami ibu dengan janin tunggal. Karena ketika seorang ibu mengandung janin kembar, seluruh energi yang dimiliki oleh seorang ibu akan cepat terkuras oleh janin yang sedang dikandungnya.

Sebab tubuh ibu yang sedang hamil kembar akan memberi dua kali lebih keras untuk memberikan nutrisi kepada janin kembar. Agar kedua janin yang berada di rahimnya tumbuh kembang dengan sempurna sampai janin tersebut lahir.

7. Sesak Nafas

Pada kondisi yang dialami ibu hamil kembar tertentu, jumlah cairan ketuban atau volume cairannya bisa bertambah secara cepat. Dan hal itu memiliki efek rahim pada ibu hamil menjadi bertumbuh semakin besar serta akan menempati ruang lebih banyak pada perut. Kondisi tersebut membuat organ-organ pada ibu hamil semakin memiliki ruang yang semakin sempit. Seperti halnya paru-paru yang semakin terdesak oleh dorongan dari besaran rahim. Anda pun akan merasa sangat rentan mengalami sesak napas dan hirupan napas anda terasa lebih pendek dari biasanya.

8. Ada Dua Detak Jantung Pada Janin Ibu Hamil

Tanda hamil kembar lainya bisa ditebak di saat anda sedang melakukan pemeriksaan kehamilan kepada dokter yang sudah anda percayai yang mendengar adanya dua detak jantung pada kehamilan tersebut. Hal tersebut bisa diketahui pada trimester pertama. Namun terkadang detak satu janin bisa terdengar di beberapa sisi perut tertentu. Dengan demikian, keberadaan janin kembar hanya bisa diketahui apabila detak jantung yang di dengar berbeda.

9. Faktor Genetik

Yang terakhir biasanya seorang ibu yang sedang mengandung janin kembar terjadi karena ibu tersebut memiliki sejarah dimana salah satu anggota keluarganya juga kembar. Entah itu bisa dari suami atau bisa juga dari istri.

Cara Mudah Mengetahui Hamil Kembar

Ketika usia kandungan sudah mencukupi, maka seorang ibu hamil bisa melakukan pemeriksaan USG untuk mengetahui bagaimana perkembangan janin yang sedang dikandungnya. Dari pemeriksaan yang sudah dilakukan oleh dokter kandungan, hasil dari USG sangat bisa menunjukkan kalau adanya janin yang lebih dari satu pada kandungan ibu hamil.

Beberapa hal yang sudah dijelaskan diatas belum tentu bisa menjadi acuan. Karena tanda tanda hamil kembar yang sudah disebutkan diatas belum tentu bisa dilihat keakuratnya. Bisa saja orang yang sedang hamil kembar memiliki tanda hamil kembar yang berbeda dengan yang sudah disebutkan. Semoga bermanfaat bagi anda semua.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment