Tips Merawat Gigi dan Gusi Agar Tetap Sehat dan Kuat

Tips Merawat Gigi dan Gusi Agar Tetap Sehat dan Kuat

Tips Merawat Gigi dan Gusi - Cara merawat gigi dan rongga mulut bukan hanya untuk menjaga kesehatan dan kebersihan anggota tubuh, tetapi juga agar penampilan cantik anda tetap terjaga. Oleh karena itu, sudah menjadi keharusan merawat gigi dan mulut secara teratur dan dengan cara yang benar.

7 Tips Merawat Gigi Dan Gusi Agar Tetap Sehat

Senyum adalah ekspresi tubuh dengan menarik sudut bibir ke arah samping dan menampakkan gigi. Tentu tidak akan menarik dan terlihat indah jika anda memperlihatkan gigi yang tidak bersih karena jarang dirawat. Belum lagi, nafas yang anda keluarkan justru mengeluarkan bau tidak segar.
Tips Merawat Gigi dan Gusi Agar Tetap Sehat dan Kuat

Tips merawat gigi dan gusi merupakan cara ampuh untuk memancarkan senyum sehat yang dapat menarik perhatian orang lain. Tidak perlu perawatan mahal untuk memancarkan senyum indah anda, cukup lakukan beberapa tips sederhana berikut ini

1. Menggosok Gigi 2 Kali Sehari

Tips merawat gigi dan gusi yang selanjutnya adalah dengan menggosok gigi 2 kali sehari, sesudah sarapan dan sebelum tidur. Sikat seluruh bagian gigi dengan cara yang benar sesuai bagian masing-masing. Ganti sikat gigi anda bila bulu sikat sudah mekar/rusak.

2. Gunakan Dental Floss

Gunakan dental-floss (benang gigi) bila diperlukan untuk membersihkan sela-sela gigi yang tidak mudah dijangkau dan gunakan obat kumur untuk mengatasi bau mulut. Hindari penggunaan tusuk gigi untuk membuang sisa makanan. Sebab, bisa melukai gusi dan mengakibatkan gusi bengkak.

3. Kurangi Konsumsi Makanan Manis

Tips merawat gigi dan gusi yang selanjutnya adalah dengan mengurangi konsumsi makanan manis, lengket, dan asam. Segeralah berkumur sesudah makan makanan tersebut. Gula adalah penyebab utama pembusukkan gigi dan jika bergabung dengan plak, bakteri Streptococus mutans akan menghasilkan asam yang mempercepat pembentukan lubang gigi (karies).

4. Konsumsi Permen Karet Bebas Gula

Pilih permen karet bebas gula karena dapat merangsang produksi air liur (saliva) untuk mencegah masalah gigi berlubang. Merawat email gigi dengan suplemen fluoride hanya efektif hingga usia 11 tahun. Selanjutnya gunakan pasta gigi berfluorida. Karena selain dapat memperkuat, gigi akan terlihat lebih putih bersih.

5. Bersihkan Lidah setelah Gosok Gigi

Membersihkan lidah dengan cara disikat perlahan setelah selesai gosok gigi dapat menjaga nafas segar lebih lama. Selain itu, biasakan menggunakan kedua sisi rahang saat mengunyah sehingga tercipta beban seimbang untuk kesehatan dan kekuatan sendi rahang.

6. Hindari Mengunyah Benda-Benda Keras

Tips merawat gigi dan gusi yang berikutnya adalah dengan menhindari kebiasaan buruk seperti mengunyah makanan keras (es batu, permen keras), menggigit pulpen, berkeletuk saat emosi atau tidur. Hal ini akan merusak struktur gigi.

7. Rutin Memeriksakan Kesehatan Gigi ke Dokter

Kunjungi dokter gigi setiap 6 bulan sekali untuk perawatan maksimal. Bila anda pernah mencabut gigi, tambal gigi anda atau gunakan gigi palsu untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.
Tips gigi sehat dengan perawatan sederhana di atas bertujuan untuk menjaga kesehatan, kekuatan serta kebersihan mulut dan gigi sehingga dapat memancarkan senyum indah anda. Semoga ulasan mengenai tips merawat gigi dan gusi di atas bermanfaat untuk Anda.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment