Diabetes Melitus Tipe 1 - Gejala, Penyebab Dan Cara Mengobati

Diabetes Melitus Tipe 1 - Gejala, Penyebab Dan Cara Mengobati

Diabetes melitus tipe 1 merupakan salah satu jenis diabetes yang cukup jarang terjadi jika dibandingkan dengan diabetes tipe 2. Bahkan diketahui, hanya sekitar 10% penderita diabetes tipe 1 yang ada di seluruh kasus diabetes yang ada di dunia. Diabetes tipe 1 merupakan kondisi dimana kadar gula atau glukosa di dalam darah cukup tinggi.

Berbeda dengan diabetes tipe 2 yang diakibatkan karena resistensi insulin, diabetes tipe 1 disebabkan karena tubuh yang kurang atau bahkan tidak memproduksi insulin sama sekali. Sehingga menyebabkan penderita diabetes tipe 1 membutuhkan hormon insulin dari luar.
 
diabetes melitus tipe 1
 
Jenis diabetes ini lebih sering terjadi pada anak laki-laki dibandingkan dengan anak perempuan, terutama yang memiliki kondisi masalah pada pancreas. Resiko anak terkena diabetes akan juga semakin tinggi saat memiliki riwayat keluarga yang pernah mengidap diabetes melitus tipe 1.
 

Penyebab Diabetes Tipe 1

Belum diketahui penyebab pasti dari diabetes tipe 1, namun jenis diabetes ini termasuk ke dalam penyakit autoimun. Penyakit autoimun ditandai adanya permasalahan pada sistem imunitas yang malah menyerang dan menghancurkan bagian sel-sel yang sehat. Pada diabetes tipe 1, sistem imunitas tubuh justru malah menghancurkan sel beta pancreas yang sehat dan memproduksi insulin. Akibatnya, organ pancreas tidak dapat memproduksi hormone insulin yang cukup. Dalam kasus tertentu, pancreas malah tidak memproduksi insulin sama sekali.

Kondisi inilah yang menyebabkan glukosa tidak bisa masuk ke sel-sel tubuh dan membantunya untuk menyerap energi, sehingga kadar glukosa di dalam darah akan meningkat dan menyebabkan hiperglikemia. Penyebab lainnya bisa disebabkan karena penyakit lain, seperti cystic fibrosis yang dapat berpengaruh pada oragn pancreas, peradangan parah pada pancreas, maupun operasi pengangkatan.

Kondisi diabetes pada penderita juga akan semakin memburuk jika:
  • Merokok atau minum alcohol yang bisa mempengaruhi kadar gula darah serta membuat kondisi diabetes semakin aprah
  • Makan makanan yang memiliki kandungan gula tinggi
  • Menggunakan insulin lebih banyak dari saran dokter, ini malah akan menurunkan gula darah ke tingkat yang lebih membahayakan
  • Mengkonsumsi makanan yang tidak diperbolehkan dokter atau
  • Dehidrasi
 

Gejala Diabetes Tipe 1

Berikut ini beberapa tanda atau gejala yang dialami oleh penderita diabetes tipe 1, antara lain adalah:
  • Keinginan untuk kencng terus menerus
  • Sering terkena luka atau infeksi
  • Merasa sangat haus
  • Berat badan menurun secara cepat
  • Merasa lelah dan lemas
Selain itu ada gejala-gejala diabetes lainnya yang tidak terkontrol termasuk pula:
  • Luka yang lama sembuh
  • Rabun atau kebutaan
  • Gagal ginjal Mati rasa pada bagian tangan atau kaki

Jika anda menemukan tanda-tanda penyakit diatas terjadi pada diri anda, maka segera periksakan diri ke dokter akan cepat terdiagnosis dan ditangani dengan perawatan yang tepat.
 

Pengobatan Diabetes Tipe 1

Penyakit diabetes melitus tipe 1 tidak bisa disembuhkan. Pengobatan yang dilakukan bertujuan mengurangi dan meringankan gejala-gejala yang dialami penderitanya. Berikut ini beberapa macam pengobatan diabetes tipe 1 yang bisa dilakukan pasien.
 

1. Terapi Insulin

Rasanya terapi insulin menjadi salah satu pengobatan penting yang wajib dilakukan bagi penderita diabetes melitus tipe 1. Mengingat penderita diabetes tipe 1 tidak dapat memproduksi hormon insulin. Karena itulah dokter akan melakukan terapi insulin yang berguna mengendalikan gula darah dalam tubuh pasien. 
 
Terapi insulin dapat diberikan melalui suntikan, pompa insulin, maupun pena insulin. Pemberian terapi insulin akan berbeda pada masing-masing pasien. Beberapa orang mungkin akan membutuhkan terapi insulin satu kali sehari, namun beberapa lainnya ada yang mendapatkan 3-4 kali dalam sehari.

Lamanya terapi insulin juga berbeda, tergantung dari kebutuhan dan kondisi pasien. Beberapa orang mungkin hanya menjalani terapi insulin selama beberapa bulan saja. Sedangkan yang lainnya bisa menjalani terapi insulin hingga jangka waktu bertahun-tahun bahkan seumur hidupnya.
 

2. Mengkonsumsi Obat Tertentu

Penderita diabetes melitus tipe 1 juga seringkali diresepkan beberapa obat-obatan tertentu. Obatan-obatan ini membantu mengendalikan kadar gula darah dan mencegah terjadinya komplikasi yang berbahaya. Berikut ini beberapa obat-obatan yang sering diresepkan untuk penderita diabetes:
  • Pramlintide
  • Metformin
  • Aspirin
  • Obat penurn kolestrol
  • Obat tekanan darah tinggi
 

3. Jalani Gaya hidup sehat

Meskipun tidak dapat disembuhkan, namun penyakit diabetes tipe 1 masih bisa dikontrol agar tidak semakin membahayakan. Kuncinya adalah dengan menjalani perawatan yang tepat. Tak hanya rutin melakukan terapi insulin maupun rajin mengkonsumsi obat diabetes saja, namun dokter juga menganjurkan untuk penderita diabetes melitus tipe 1 untuk mengubah gaya hidup sehat agar membantu mengendalikan kadar gula darah di dalam tubuh.

Gaya hidup sehat tersebut dapat dimulai dengan mengatur pola makan, memperbanyak olahraga maupun aktivitas fisik, serta berhenti merokok. Hindari hal-hal yang dapat meningkatkan kadar gula di dalam darah.

Jangan lupa pula untuk merawat kaki dan rutin memeriksakan mata secara berkala sehingga mencegah terjadinya komplikasi lebih lanjut. Bagi anda yang ingin melakukan olahraga, penting untuk terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter.

Pada beberapa kasus, dokter mungkin tidak akan menginjinkan pasien diabetes tipe 1 untuk melakukan olahraga tertentu karena ini berkaitan dengan kondisi kesehatan pasien. Anda juga bisa meminta bantuan dari ahli nutrisi untuk membuatkan pola diet sehat yang sesuai dengan kesehatan anda.

Nah itu tadi penjelasan mengenai diabetes melitus tipe 1, mulai dari penyebab, gejala dan cara pengobatan. Penting bagi anda penderita diabetes tipe 1 untuk rutin melakukan pemeriksaan ke dokter sehingga mencegah terjadinya komplikasi yang lebih lanjut.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment