Mengenal Penyebab Diabetes Melitus Dan Cara Mengobati

Mengenal Penyebab Diabetes Melitus Dan Cara Mengobati

Penyebab Diabetes Melitus - Dapat dikatakan jika diabetes menjadi salah satu penyakit penyumbang kematian terbesar, tak hanya di Indonesia saja bahkan di seluruh dunia. Saat ini pun Indonesia juga telah masuk ke dalam kategori 10 Negara dengan penderita diabetes terbesar di dunia. Di tahun 2013, diperkirakan sekitar 8.5 juta penduduk Indonesia yang berada di usiar 20-79 tahun menderita penyakit ini. 

Dan sayangnya lagi, hanya sedikit yang menyadari jika telah terjangkit penyakit kronis ini. penyakit diabetes atau diabetes mellitus merupakan penyakit yang mana kandungan gula di dalam darah jumlahnya melebihi angka normal.
penyebab diabetes melitus
Penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit metabolisme yang dapat menyerang siapapun. Secara umum, penyebab Diabetes Melitus terjadi diakibatkan gaya hidup, khususnya yang dapat menyebabkan penumpukan kadar gula di dalam darah dan menyebabkan jumlahnya berada melebihi ambang batas normal. Dan kabar buruknya lagi Diabetes Melitus merupakan penyakit kronis dan jangka panjang serta tidak bisa disembuhkan, hanya bisa diminimalisir agar tidak menyebabkan komplikasi. 

Karena itulah penting untuk mengetahui apa saja penyebab diabetes mellitus sehingga anda bisa menghindari penyakit tersebut.

Mengenal Diabetes Melitus

Diabetes Melitus atau yang dikenal juga sebagai penyakit kencing manis merupakan penyakit kronis yang dapat berlangsung seumur hidup. Penyakit ini disebbakan gangguan pengaturan gula di dalam draha. Diabates dapat mempengaruhi kemampuan tubuh ketika menggunakan energi yang berasal dari makanan yang sudah dicerna. Ada 2 jenis diabetes melitus, yaitu diabetes mellitus tipe 1 dan tipe 2.

Untuk diabetes tipe 1 merupakan gangguan autoimun yang dapat menyebabkan sistem ketahanan tubuh menyerang sel-sel yang berperan memproduksi hormone insulin. Sehingga menyebabkan pancreas tidak mampu memproduksi hormon tersebut dan kemudian menyebabkan tubuh kekurangan insulin serta meningkatkan kadar glukosa darah. 

Penyakit ini biasanya menyerang pasien yang usianya berada di bawah 40 tahun, terutama bagi mereka yang masih di masa remaja. Biasanya gejala-gejala akan lebih cepat terdeteksi di saat usia lebih muda, terutama di masa anak-anak atau remaja.

Sedangkan untuk diabetes tipe 2 merupakan jenis penyakit diabetes yang paling banyak terjadi. Bahkan angka kejadiannya bisa mencapai 90-95% dari kasus-kasus diabetes di dunia. Kondisi ini lebih sering terjadi pada penderita di usia dewasa.


Faktor Penyebab Diabetes Melitus

Secara umum, terdapat 2 kategori faktor yang menyebabkan diabetes, yaitu faktor penyebab yang tidak dapat dikontrol atau faktor bawaan/alami dan faktor penyebab yang dapat dikontrol.

Faktor Yang Tidak Dapat Dikontrol (Bawaan/Alami)

Untuk faktor yang tidak dapat dikontrol ini merupakan penyebab-penyebab yang sudah ada sejak lahir, tidak bisa dikontrol dan tidak bisa diubah antara lain adalah:

1. Faktor Usia

Faktor usia yang semakin menua akan menyebabkan kerja organ pancreas menjadi berkurang. Penurunan fungsi organ inilah yang bisa menjadi salah satu penyebab diabetes mellitus yang utama. Pada saat normal, organ pancreas bekerja memproduksi hormone insulin. Namun saat mengalami penuaan, produksi hormon insulin bisa menjadi berkurang. Karena itulah bagi mereka yang usianya diatas 45 tahun diwajibkan untuk memeriksa kadar gula dalam darah secara teratur.

2. Kondisi Berat Bayi Lahir Terlalu Kecil Atau Terlalu Besar

Berat badan bayi saat lahir juga menjadi salah satu patokan terjadinya diabetes pada seseorang. Untuk bay dengan bobot diatas 4.000 gram, memiliki resiko yang menyebabkan anak bisa mengalami diabetes. Demikian pula dengan bobot bayi yang kurang dari 2.500 gram juga memiliki resiko untuk tekena diabetes saat usianya menginjak dewasa.

3. Faktor Keturunan Atau Genetika

Untuk faktor penyebab diabetes mellitus yang satu ini memiliki resiko yang lebih tinggi yang bisa menyebabkan seseorang dapat terjangkit diabetes. Jika salah satu diantara anggota keluarga memiliki riwayat diabetes akan sangat mungkin menyebabkan faktor terjadinya diabetes semakin meningkat.

Faktor Penyebab Yang Bisa Dikontrol

Untuk faktor-faktor penyebab yang dapat dikontrol dapat diakibatkan gaya hidup seseorang yang kurang sehat. Adapun beberapa diantaranya adalah:

1. Obesitas Atau Kegemukan

Meskipun bukan sesuatu yang pasti, namun peningkatan indeks massa tubuh bisa mempengaruhi resiko seseorang terjangkit diabetes. Kegemukan disinyalir menjadi salah satu faktor penyebab diabetes tipe 2. Hal ini karena lemak yang menumpuk di dalam tubuh bisa mengakibatkan resistensi insulin, dimana kondisi insulin menjadi kurang sensitive sehingga tidak bisa berfungsi baik ketika mengatur kadar gula darah. Terutama timbunan lemak yang ada di pagian perut, ditandai dengan ukuran lingkar pinggang yang melebihi batas normal ≥80 cm untuk wanita dan ≥90 cm untuk pria.

2. Kebiasaan Merokok

Merokok tak hanya buruk bagi kesehatan organ pernapasan, namun juga berbahaya karena bisa menyebabkan munculnya penyakit diabetes. Cara terbaik untuk meminimalisir resiko terjangkit diabetes tentu saja dengan mengurangi atau bahkan menghentikan kebiasan merokok.

3. Pola Makan Tidak Sehat

Yang dimaksud dengan pola makan yang tidak sehat disini adalah senang mengkonsumsi makanan yang manis atau tinggi karbohidrat. Makanan dengan kandungan gula tinggi naun rendah serat menjadi salah satu makanan yang menyumbang resiko terkena diabetes lebih tinggi.

4. Malas Berolahraga

Kurang bergerak atau malas berolahraga juga menjadikan tubuh memiliki resiko yang lebih tinggi terkena diabetes. Olahraga sangatlah penting agar berat badan bisa terjaga dengan baik. Selain itu olahraga juga bermanfaat untuk meningkatkan sensitivitas insulin dan menggunakan glukosa sebagai energi.

5. Kadar Kolestrol Yang Tinggi

Kadar HDL atau lemak baik yang kurang dari angka normal, yaitu 35mg/dl dan kadar trigliserida yang melebihi dari 250mg/dl, juga menjadi salah satu faktor penyebab seseorang dapat terjangkit diabetes. Pemeriksaan kadar kolestrol secara rutin menjadi hal wajib yang harus dilakukan terutama bagi orang yang memiliki resiko terkena diabetes.

Apakah Diabetes Bisa Disembuhkan?

Inilah yang menjadi pertanyaan banyak orang, apakah diabetes bisa disembuhkan? Namun sayangnya penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit yang mematikan, tidak bisa disembuhkan serta hanya bisa dikendalikan. Penanganna yang salah bisa menyebabkan kondisi penderita semakin menurun dan beresiko kematian. Karena itulah penderita diabetes sangat disarankan untuk memperbaiki gaya hidup dan melakukan terapi pengobatan, seperti:
  • Rutin melakukan aktivitas olahraga
  • Rutin mengecek kadar gula darah
  • Menjalani penyuntikan hormone insulin dan mengatur pola diet
  • Saat terjadi luka, lakukan perawatan luka sesuai dengan petunjuk dokter
Lakukan perawatan diatas beserta konsumsi obat sesuai dengan resep dokter secara rutin untuk meminimalisir komplikasi yang disebabkan diabetes. Jangan lupa untuk selalu rutin melakukan pengecekan kesehatan di dokter kondisi diabetes bisa dikendalikan. 
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment